Sunday, September 4, 2011

Apa itu "Belajar TOEFL Gratis"?

Sejujurnya.... saya lupa kalau saya punya blog ini, hehe. Barusan saya iseng-iseng saja cek statistik, ternyata... sudah ada lebih dari 200 kunjungan! Dan sebagian besar berasal dari pengunjung yang mencari via Google. Wawawawawa senangnyaaa... hehe.

Dulu waktu buat blog ini, saya bercita-cita menjadikannya sumber belajar TOEFL yang bermanfaat buat teman-teman setanah air yang akan menghadapi test tersebut. Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya banyak sekali materi untuk belajar TOEFL yang tersedia gratis di internet, tapi... kebanyakan dalam bahasa Inggris, dan untuk mencarinya kita perlu... kemampuan berbahasa Inggris. Jadinya seperti pertanyaan darimana telur berasal deh, telur duluan atau ayam duluan hayoo? Untuk lulus TOEFL kita perlu belajar bahasa Inggris, tapi untuk mencari materi-materi belajar TOEFL kita harus bisa berbahasa Inggris dulu... bingung kan?

Iya saya mengerti banget, karna saya sendiri mengalami masalah yang sama dulu ketika baru pertama kali belajar untuk menghadapi ujian TOEFL (dan IELTS...). Dengan perjuangan akhirnya saya lulus, berhasil mendapatkan nilai yang cukup, yang akhirnya mengantarkan saya ke Australia, Inggris, Italia, Arab Saudi, Qatar, dan beberapa negara-negara lain dengan gratis. Ya, alhamdulillah saya berhasil mendapatkan beberapa beasiswa untuk kuliah dan magang. Karena keberhasilan ini tak lepas dari nilai TOEFL (yang merupakan syarat untuk melamar ke berbagai instansi dan program beasiswa), saya ingin berbagi sumber-sumber dan materi-materi belajar TOEL melalui blog ini, dengan harapan semoga ini dapat membantu teman-teman semua dalam meraih cita-cita. Jadi mulai sekarang, saya akan mencoba untuk terus konsisten dalam meng-update blog ini. Ingatkan saya ya :D

Berjuang!!!! 
*diucapkan dengan gaya peserta Takeshi Castle* 


Man cannot discover new oceans unless he has courage to lose sight of the shore.
(Andre Gide)

No comments:

Post a Comment